MOTTO SMA NEGERI 1 TILATANG KAMANG "BERBUDI PEKERTI DAN BERPRESTASI"

24 Mei 2011

Sejarah Berdirinya SMA N 1 Tilatang Kamang


Berawal dari tahun 1977 bertempat di SMP Negeri  Tilatang Kamang, lahirlah ide untuk mendirikan sebuah SMA Negeri di Kecamatan Tilatang  Kamang, pemikiran ini muncul karena daya tampung SMA Negeri yang ada di Kota Bukittinggi tidak mampu lagi menampung tamatan siswa SMP yang ada di sekitar kota Bukittinggi.
Langkah awal untuk mendirikan sebuah SMA Negeri di Kecamatan Tilatang Kamang, dilakukan oleh tokoh-tokoh masyarakat, pemerhati pendidikan yang ada dikampung halaman maupun yang ada di perantauan  dengan  cara :  menemui Kepala SMA Negeri 1 Bukittinggi untuk bisa menerima siswa  tamatan SMP dari kecamatan Tilatang Kamang  untuk bisa dijadikan sebuah SMA Fillial. Usul ini diterima oleh Kepala SMA Negeri 1 Bukittinggi dan setelah itu lansung ditindak lanjuti oleh tokoh  masyarakat , pemerintah Kecamatan Tilatang Kamang.
Oleh tokoh-tokoh masyarakat, pemerhati  pendidikan segera diadakan pertemuan untuk memusyawarahkkan pembangunan sebuah SMA di Kecamatan Tilatang Kamang, dari hasil musyawarah yang dilaksanakan tanggal 15 Januari 1978 terbentuklah  Yayasan  Pendidikan  Tuanku Nan Renceh dengan Akta Notaris Nomor : 58 tanggal 21 Januari 1978 dengan pengurus sebagai berikut :
Ketua I         : Rasimar Gani
Ketua II        : H. Gazali Djalaluddin
Sekretaris I   : Khudri Ismail
Sekretaris II  : Muchlis Rusli
Bendahara    : Dt. Majo Labiah
Penasehat     : 1. Pejabat Utama Kecamatan Tilatang Kamang
                     2. Kepala Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Tilatang Kamang
                     3. Prof. Dr. Ilyas H. Ilyas Dt. Batuah, guru besar Fakultas
                        Kedokteran Universitas Andalas Padang
                     4. Mansyur Mahmud SH.
                     5. Ir. Mahyuddin Ahmad, Dekan Fakultas Ilmu Pasti Unand
                     6. Arisman Zakaria
                     7. Katarnida Bakri, SH.
                     8. Baheramsyah St. Pamenan
                     9. Miral Manan
                    10. Hasrul Dt. Rangkayo Basa
Langkah berikutnya yang dilakukan pengurus Yayasan Tuanku Nan Renceh  yang telah terbentuk adalah menemui Bapak Kepala Kantor Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Sumatera Barat di Padang, dari hasil pertemuan tersebut maka diizinkan oleh bapak Kakanwil  P & K  Sumatera Barat  untuk mendirikan sebuah SMA Lokal Jauh / Fillial di Tilatang Kamang dengan nomor SK. 5921/I08.1/1B/1982 tanggal 26 Mei 1982.
SMA Lokal Jauh pertama dimulai Proses Belajar mengajar pada tahun pelajaran 1982/1983  sebanyak  3  lokal belajar yang  bertempat di SMA Negeri 1 Bukittinggi  dan jadwal kegiatan dilakukan pada sore hari dan tenaga pengajarnya adalah guru-guru SMA Negeri 1 Bukittingi, dan proses PBM ini berlansung di SMA Negeri 1 Bukittinggi selama 1 Semester.
Untuk menindak lanjuti pembangunan gedung dimaksud  maka dibentuklah Panitia pembangunan SMA Negeri Tilatang Kamang dengan susunan pengurus sebagai berikut :

Ketua Umum           : Hasnul Dt. Rangkayo Basa
Ketua I                   : IKA Payung Ameh
Ketua II                  : H. Gazali Djalaluddin
Sekretaris I             : Yohannes
Sekreteris II           : Muchlis BA
Bendahara              : Darlis BA.
Anggota                 : M. Dt. Rajo Basa

 Pembangunan SMA Negeri Tilatang Kamang mulai dilaksanakan pembangunan gedungnya  yang berlokasi di lapangan Bola kaki Pakan Kamih, dengan penyerahan tanah dilakukan oleh Kerapatan Adat Nagari Koto Tangah, maka dilaksanakanlah peletakan batu pertama pembangunan gedung SMA Negeri Tilatang Kamang pada tanggal 29 Agustus 1982 sebanyak 4 lokal yang lengkap dengan meja dan kursi. Pembangunan gedung ini dilaksanakan oleh Muhammad Nadar             Dt. Panduko Basa Nan Baanjuang ( Toko bangunan Batang Sianok) sementara untuk mobiler disediakan oleh bapak H. Bakar ( CV. Andalas ) Koto Laweh.
Upaya yang dilakukan oleh Yayasan Tuanku Nan Renceh untuk mengumpulkan dana pembangunan SMA Negeri Tilatang Kamang dengan cara dengan mencetak kupon pembangunan SMA dengan pecahan Rp. 250,- Rp. 500,- Rp. 1.000,- yang diedarkan dari rumah kerumah diseluruh wilayah kecamatan Tilatang Kamang dan juga anggota masyarakat Tilatang Kamang di perantauan.
Setelah selesai pembangunan gedung sebanyak 4 lokal tersebut maka Proses belajar mengajar lokal jauh yang berada di SMA Negeri 1 Bukittinggi segera dipindahkan ke gedung SMA yang berada di Pakan Kamih mulai semester II TP. 1982/1983, setelah pindah proses PBM maka keluar pula Surat keputusan  tentang berdirinya SMA Negeri Tilatang dari  Mentri  Pendidikan  dan  Kebudayaan  Republik Indonesia Nomor : 473/O/1983.
Sejak keluarnya Surat Keputusan Mendikbud tentang berdirinya SMA Negeri Tilatang Kamang maka pembangunan gedung sekolah  terus dilakukan sesuai dengan gerak waktu perubahan secara bertahap untuk melengkapi ruang belajar, labor, ruang guru, tata usaha,  kantor  OSIS, aula,  melalui swadaya masyarakat yang berada di kampung maupun yang ada diperantauan, donator, pemerintah daerah dan pemerintah pusat.
Masukan dari Bapak Drs. Afdal Ali Fahmi, menyebutkan bahwa ketua I Panitia Pembangunan adalah IKA Payung Ameh, dimana sebelumnya kami tulis Mansur Kasim, S.H. dengan demikian perbaikan sudah kami lakukan dan terima kasih. Kemudian beliau juga menuliskan lewat e-mail pada kami bahwa Bapak Mansur Kasim S.H tidak pernah jadi kepala sekolah antara tahun 1982-1983. Kepala Sekolah waktu filial SMAN 1 Bukittinggi itu adalah; pertama Drs. M. Nasir kemudian Usman Luthan BA. dan setelah keluar SK pendirian sekolah dari Kanwil dikbud maka ditunjuk Pjs Kepala Sekolah Rivai Syarif, BA. ( masukan Pak Afdal Ali Fahmi tgl 16 Desember 2013) 
Terima  kasih
NB: Apabila ada masukan, saran atau kritik mohon ditulis pada kolom komentar (sangat diharapkan).

6 komentar:

  1. Suhendra Angkatan 872:37:00 PM

    Mungkin yang dimaksud sebagai Ketua I Yayasan Tuanku Nan Renceh adalah Raismar Gani, bukan Rasimar Gani.

    Salut atas keberadaan blog ini, semoga ada manfaatnya bagi civitas akademika dan alumni. terutama untuk mewujudkan SMAN 1 Tilatang Kamang kembali mencapai kejayaan sebagai Peringkat Pertama di Sumbar sebagai SMA yang berada di Kabupaten. Bahkan lebih hendaknya...

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas koreksi Bapak Suhendra Sutan Palimo. Dengan ini yang tertulis Rasimar Gani dibetulkan menjadi Raismar Gani.
    Semoga yang kita cita-citakan tercapai, Amiiin...

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Mansur Kasim, S. H,1982-1983 tidak pernah menjadi Kepala SMA Negeri Tilatang Kamang Filial SMAN 1 Bukittinggi. Kepala Sekolah Pertama, Bp.Drs. M. Nasir, Kemudian digantikan oleh Bp. Usman Luthan, BA. Ketika SK SMA Negeri Tilatang Kamang diterbitkan Depdikbud 1984, Kanwil Depdikbud Prov. Sumbar menunjuk Bp. Rivai Syarif, BA, sebagai Pjs Kepala Sekolah

    BalasHapus
  5. Admin, Tlg Susunan Panitia Pembangunan dikoreksi:
    Ketua Umum : Hasrul Dt. Rangkayo Basa
    Ketua I : IKA Payung Ameh
    Ketua II : H. Gazali Djalaluddin
    Sekretaris I : Yohannes
    Sekreteris II : Muchlis BA
    Bendahara : Darlis BA.
    Anggota : M. Dt. Rajo Basa

    BalasHapus
  6. Adakah anda memerlukan pinjaman?
    Adakah anda ingin membayar bil-bil anda?
    Adakah anda ingin memiliki kewangan yang stabil?
    Apa yang anda perlu lakukan adalah untuk menghubungi kami untuk maklumat lanjut mengenai bagaimana untuk mendapatkan
    bermula dan mendapatkan pinjaman yang anda inginkan.
    Tawaran ini adalah terbuka kepada semua yang akan dapat membayar balik kembali dalam masa yang sewajarnya.
    Nota-jangka masa pembayaran balik boleh dirunding dan pada kadar faedah
    3%.

    Anda perlu memaklumkan kepada kami jumlah pinjaman yang diminta tepat bagi
    membolehkan kami menyediakan anda dengan Terma dan Syarat Pinjaman. jika anda
    berminat untuk mendapatkan pinjaman dari syarikat kami.
    Sila, jangan melengkapkan borang permohonan pendek seperti di bawah dan kami
    berjanji untuk membantu anda dalam mana-mana keperluan kewangan anda berada dalam
    BORANG PERMOHONAN PINJAMAN {BORANG ONLINE}

    1) NAMA ANDA ...................
    2) NEGARA ANDA ................
    3) PEKERJAAN ANDA .............
    4) STATUS PERKAHWINAN ANDA .........
    5) NOMBOR TELEFON ................
    6) PENDAPATAN BULANAN ............ ..
    7) ALAMAT .....................
    8) TUJUAN PINJAMAN .............
    9) PINJAMAN PERMINTAAN ................
    10) TEMPOH PINJAMAN ..................

    Hubungi E-mel: david.mutukufinance60@yahoo.com

    LINK KEWANGAN LIMITED
    THANKS,
    Encik David Mutuku

    BalasHapus