MOTTO SMA NEGERI 1 TILATANG KAMANG "BERBUDI PEKERTI DAN BERPRESTASI"

05 Maret 2013

Launching Kawasan Tanpa Rokok dan One Day One Ayat di SMAN 1 Tilatang Kamang

Assalamu'alaikum ww.
Salam "Smantika"

Kemaren hari Senin tanggal 4 Maret 2013 diselenggarakan peluncuran dan penetapan "Kawasan Tanpa Rokok" yang disingkat KTR di SMAN 1 Tilatang Kamang. Kegiatan ini merupakan sebagai upaya tindak lanjut dari Sosialisasi KTR yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat di Axana Hotel Padang pada tanggal 18 Februari 2013 dibawah komando Dr. Hj. Rosnini Savitri, M.Kes. Dengan melihat komitmen semua pihak termasuk Bapak Camat Tilatang Kamang serta Muspika berketetapan hati untuk menegakkan Peraturan Daerah Propinsi Sumatera Barat Nomor 8 tahun 2012 tanggal 10 Agustus 2012 tentang "Kawasan Tanpa Rokok".  Sangat penting dipahami dalam Perda tersebut adalah bahwa yang dilarang merokok itu pada tempat-tempat tertentu seperti; a. Fasilitas pelayanan kesehatan, b. tempat proses belajar mengajar, c.  tempat anak bermain, d. tempat ibadah, e. angkutan umum, f. tempat kerja, dan g. tempat umum. (BAB II Pasal 4). 
Sosialisasi KTR di SMAN 1 Tilatang Kamang sudah dilakukan sejak lama oleh pembina PIK-Remaja Smantika pada seluruh siswa dan TIM UKS, begitu juga terhadap para guru dan Pegawai Tata Usaha sekolah. Edi Rahmana, S.Pd sebagai Kepala Sekolah berkeyakinan bahwa Perda ini bisa ditegakkan di SMAN 1 Tilatang Kamang, termasuk dengan pengelolaan denda sebagaimana dalam Pasal 20 Ayat 2 yang berbunyi "Setiap orang yang merokok di KTR, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan dan / atau denda paling banyak Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah).
Launching tersebut dihadiri oleh Bapak Camat Kecamatan Tilatang Kamang Kurniawan Syah Putra, S.Sos, M.AP, Kepala KUA Kecamatan Tilatang Kamang Ismail Roma, S.HI, MA, dua orang dari Puskesmas Pekan Kamis, Kapolsek Kecamatan Tilatang Kamang yang diwakili oleh IPTU Umar Yulis, Ketua Komite SMAN 1 Tilatang Kamang dan undangan lainnya serta seluruh Majelis Guru karyawan Tata Usaha di hadapan seluruh siswa.
Acara dimulai dengan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih dengan Pembina Upacara Bapak Camat Kecamatan Tilatang Kamang, dilanjutkan dengan Launching KTR dan One Day One Ayat. Susunan acara  antara lain 1. Sambutan dari Kepala Sekolah, 2. Sambutan dari Kepala Kantor Urusan Agama Kecamaatan Tilatang Kamang  sekaligus penyerahan buku "One Day One Ayat" pada seluruh siswa dan secara simbolis diwakili oleh Salman Al Farisi, 3. Sambutan dari Camat Kecamatan Tilatang Kamang sekaligus penyerahan Baner KTR pada Kepala Sekolah, 4. Penyerahan Spanduk KTR dari Puskesmas Pekan Kamis pada Kepala Sekolah dan dilanjutkan pada siswa yang diwakili oleh Aktivis UKS Muhammad Iqbal Razaq, Inda Safitri, dan Siti Aina. dan acara diakhiri dengan foto bersama.










2 komentar:

  1. mantap...smantika selalu terdepan

    BalasHapus
  2. Smantika satu, pendukungnya banyak.....100 kali

    BalasHapus