MOTTO SMA NEGERI 1 TILATANG KAMANG "BERBUDI PEKERTI DAN BERPRESTASI"

01 April 2014

SMAN 1 Tilkam, Calon Sekolah adiwiyata 2015

Assalamu'alaikum ww.
Salam "Smantika"
SMAN 1 Tilatang Kamang (Smantika) melalui pembinaan rutin dari tim provinsi dan kabupaten Agam akhirnya ditetapkan sebagai salah satu calon sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Sumatera Barat untuk 2015.Penetapan tersebut disampaikan tim penilaian dan pembinaan yang datang langsung ke SMAN 1 Tilatang Kamang beberapa hari lalu.
Kepala SMAN 1 Tilatang Kamang, Edi Rahmana saat ditemui Singgalang, Selasa (25/3) diruang kerjanya mengatakan, sekolah yang dipimpinnya itu ditetapkan oleh tim kabupaten Agam dan provinsi menjadi calon sekolah Adiwiyata tingkat Sumatera Barat untuk tahun 2014.
"Selama ini, pihak sekolah memang sudah melakukan berbagai kegiatan menuju sekolah Adiwiyata. Bahkan setiap Selasa dilakukan kegiatan kebersihan dan penanaman bibit di lingkungan sekolah," katanya.
Dia menyebutkan, sejak dulu dia, menyosialisasikan kepada guru dan siswa bahwa Adiwiyata bukan hanya sekedar mengikuti lomba atau penilaian. Tetapi jauh lebih penting dari itu bagaimana nantinya siswa dapat mengimplementasikan budaya menanam dan penghijauan dilingkungan tempat tinggal masing-masing dan masyarakat sekitar.
"Kalau hanya sekedar lomba, mungkin saja bisa diorbitkan dengan berbagai cara, tetapi menumbuhkan keinginan untuk senang melakukan penghijauan dan menanam bibit di lingkungan masing-masing itulah yang menjadi tujuan utama. Arti kata mengubah sikap siswa supaya rajin menanam dan cinta kebersihan dan keindahan sebagai salah satu upaya menuju hidup sehat sebutnya lagi.
Edi Rahmana menambahkan, SMAN 1 Tilatang Kamang selain ditetapkan sebagai calon sekolah Adiwiyata 2015 juga beberapa waktu yang lalu menlalui penilaian tim, sekolah tersebut merupakan pemenang Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat SLTA Kabupaten Agam dan akan mewakili Agam pada LSS tingkat Sumatera Barat pada 2014 ini.
Saat ini, SMAN 1 Tilatang Kamang melalui penilaian atau visitas dari asesor Akreditasi pada 2012 memperoleh Akreditasi "A". Pada tahun-tahun sebelumnya, siswa lulusan SMAN 1 Tilatang Kamang memperoleh banyak kursi pada perguruan tinggi negri favorit di Indonesia melalui jalur undangan dan Bidik Misi.
"Alhamdulillah sampai saat ini perhatian dari alumni SMAN 1 Tilatang Kamang yang sudah bekerja sangat tinggi terhadap almamaternya. Berbagai jenis bantuan sudah mereka salurkan kesekolah, baik untuk fisik maupun membantu siswa yang termasuk keluarga ekonomi kurang mampu," jelasnya.(Singgalang,    Maret 2014)

0 komentar:

Posting Komentar