MOTTO SMA NEGERI 1 TILATANG KAMANG "BERBUDI PEKERTI DAN BERPRESTASI"

06 Oktober 2011

Monitoring Kadisdikpora, Kasi Kurikulum, dan Pengawas Akademik ke "Smantika"

Assalamu'alaikum ww.
"Salam Smantika"


Pada hari ini Kamis 6 Oktober 2011 SMAN 1 Tilatang Kamang mendapat keberuntungan dengan kedatangan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Drs. Erwin Umar, M.Pd. dan Kasi Kurikulum SMP, SMA, SMK Drs. Fakhrizal, serta Pengawas Mata Pelajaran Matematika Drs. Hendra, M.Pd., M.Si.
Berdasarkan pemantauan lapangan oleh Kadisdikpora Agam, baik melalui CCTV maupun kelapangan yang dimulai dari Mushalla, ruang kelas, ruang majlis guru, pekarangan, sampai pada WC siswa, melalui Kepala Sekolah Edi Rahmana, S.Pd. beliau menyarankan agar meningkatkan masalah kebersihan, dan penataan pekarangan, sedangkan pemantauan PBM melalui CCTV beliau menyarankan agar selalu ditingkatkan kerja sama Supervisi Akademik dengan Pengawas Mata Pelajaran dan Pengawas Managerial. Secara umum Proses Pembelajaran terpantau sangat kondusif. Terkait dengan penggunaan ICT, beliau munyarankan agar pihak sekolah menambah 4 kamera CCTV untuk melengkapi 4 kamera CCTV yang sudah ada, agar bermanfaat dalam monitoring dan lainnya.
Drs. Fakhrizal sebagai Kasi Kurikulum SMP, SMA, SMK Kabupaten Agam malakukan monitoring sekaitan dengan kondisi Labor Komputer dan pembelajaran menggunakan ICT perlu ditingkatkan lagi. Kondisi saat ini seluruh komputer labor sudah terkoneksi ke jaringan internet dan menggunakan fasilitas Local Area Network ( LAN ) yang terpasang ke semua komputer yang ada sebanyak 32 komputer siswa, 1 komputer guru TIK yang dilengkapi dengan LCD sedangkan pengaturan udara runagn komputer itu menggunakan Air Conditioner ( AC ) sebanyak 2 unit dengan kapasitas masing-masing 1 PK dan 2 PK. Dalam Pembelajaran guru-guru sudah menggunakan ICT dalam bentuk Hotspot internet yang terakases ke Pusat Sumber Belajar ( PSB) Jardiknas dalam penayangan sudah menggunakan LCD sampai saat ini berjumlah 13 buah dan direncanakan ditambah sebanyak 7 buah lagi, karena ruang kelas berjumlah 19 dan 1 cadangan untuk acara khusus di Aula atau labor IPA.
Berdasarkan pantauan Kasi Kurikulum Drs. Fakhrizal, beliau menyarankan agar selalu meningkatkan sarana belajar agar tercipta Pelayanan Prima kepada siswa, orang tua/wali, dan masyarakat, serta pemangku kepentingan. Disamping itu beliau juga memantau Program Supervisi dan ternyata "Program Supervisi Lengkap", demikian yang terbaca oleh smantika.blogspot.com yang tertulis dalam buku catatan pembinaan di ruang Kepala Sekolah.
Pengawas Akademik Drs. Hendra, M.Pd., M.Si. sebagai pengawas mata pelajaran matematika, melalui sipervisi kunjungan kelas terhadap tiga orang guru matematika yang mengajar saat itu antara lain Ibu Alfa Betty, Ibu Desita Asra, dan Ibu Yulhaida yang merupakan sebahagian anggota KKG matematika SMAN 1 Tilatang Kamang, berdasarkan catatan pada buku tamu pembinaan, penulis mengutip catatan dari Pak Hen panggilan akrap baliau yang berbinyi "Pelaksanaan PBM terlaksana dengan baik" disamping masukan dan saran beliau yang langsung ke masing-masing guru bersangkutan dalam usaha meningkatkan kompetensi dan keterampilan lainnya dalam pembelajaran matematika.
Tepat pukul 14.00 monitoring berakhir dan dilanjutkan dengan konfirmasi hasil pantauan itu dengan Kepala Sekolah Edi Rahmana, S.Pd.
Diskusi antara Kepala Disdikpora Agam Drs. Erwin Umar, M.Pd, Kasi Kurikulum SMP, SMA, SMK Drs. Fakhrizal, dan Pengawas SMA Drs. Hendra, M.Pd., M.Si dengan Kepala SMAN 1 Tilatang Kamang Edi Rahmana, S.Pd. secara terpisah disepakati agar hasil monitoring dan supervisi ditindaklanjuti melalui kerja sama yang baik dengan seluruh stakeholder SMAN 1 Tilatang Kamang, langkah awal yang akan beliau lakukan antara lain adalah konfirmasi hasil monitoring dan supervisi dengan semua majlis guru, karyawan tata usaha, serta komite sekolah yang direncanakan hari Jum'at tanggal 15 Oktober 2011 disamping acara persiapan dalam menghadapi Ujian Mid Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012, demikian beliau mengakhiri pembicaraan dengan smantika.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar