MOTTO SMA NEGERI 1 TILATANG KAMANG "BERBUDI PEKERTI DAN BERPRESTASI"

18 Oktober 2011

SUKSES UN 2012 SMAN 1 TILATANG KAMANG


PROGRAM SUKSES U.N
SMA NEGERI 1 TILATANG KAMANG
TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012





SMA NEGERI 1 TILATANG KAMANG
Jl. Raya Pekan Kamis, 26152 Telp/Fax: 0752 7446365


DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
 PEMERINTAHAN KABUPATEN AGAM
PROVINSI SUMATERA BARAT
2011 




BAB 1
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Ujian Nasional adalah salah satu tolok ukur bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.  Pelaksanaan Ujian  Nasional bagi siswa merupakan suatu keharusan, setelah siswa tersebut melakukan proses pembelajaran guna mengukur tingkat ketercapaian penguasaan ilmu yang dipelajarinya.  Ujian Nasional bertujuan menilai  pencapaian kompetensi lulusan secara Nasional pada mata pelajaran  tertentu dalam  kelompok  mata  pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.  Semua itu dilakukan untuk melihat bisa atau tidaknya seorang siswa mengikuti proses pendidikan selanjutnya dan juga dinyatakan seorang siswa lulus atau tidak lulus dari  suatu  sekolah.
Untuk itu pelaksanaan di sekolah telah dikenal beberapa macam ujian dan akhir penyelesaian tahapan pendidikannya, siswa harus mengikuti Ujian Sekolah beserta prakteknya dan Ujian Nasional.
Perkembangan teknologi mengharuskan kita selalu berusaha membekali diri, apabila tidak maka kita akan  ketinggalan dan tidak akan mampu menghadapi kehidupan yang semakin kompetisi.  Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal tentu berusaha mempersiapkan peserta didik agar mampu berkompetitif di era globalisasi. 
Pendidikan nasional bertujuan mengantarkan bangsa Indonesia yang maju, cerdas, dan berbudaya untuk mencapai masyarakat madani (civil society) memasuki tataran percaturan masyarakat dunia. Dalam menjawab tantangan  tersebut, tujuan pendidikan nasional telah merumuskan ke dalam rencana strategis berupa visi, misi, tujuan dan sasaran, strategi pencapaian beserta implementasinya.
Misi jangka panjang Pendidikan Nasional adalah melakukan pembudayaan dan pemberdayaan sistem. Iklim dan proses pendidikan nasional yang demokratis dan mengutamakan mutu dalam perspektif nasional maupun global. Inilah yang menjadi framework dari keseluruhan upaya penyelenggaraan pendidikan nasional. Secara Implementatif, hal ini dijabarkan dalam rencana jangka pendek pendidikan nasional yang antara lain mengemban misi untuk mengembangkan pendidikan sesuai azas desentralisasi pendidikan dan otonomi daerah.

Mengingat pelaksanaan Ujian Nasional semangkin dekat dan dengan adanya kreteria kelulusan  yang semangkin ketat, maka sudah selayaknya semua pihak membuat terobosan dan kegiatan guna mencapai hasil yang maksimal.
Sehubungan dengan ini, SMA Negeri 1 Tilatang Kamang   melaksanakan beberapa kegiatan, yaitu:
1.      Tes Diagnostik I 
2.      Pemanggilan orang tua siswa untuk penyerahan  nilai siswa dari hasil Tes  Diagnostik I.
3.      Remedial dan Pengayaan soal UN 3 (tiga) tahun terakhir
4.      Bedah SKL UN 2012
5.      Tes Diagnostik II
6.      Pelaksanaan Try Out  UN 2012
7.      Pelaksanaan Try Out  SNMPTN (I) 2012
8.      Pelaksanaan Try Out  SNMPTN (II) 2012
9.      Pelaksanaan Pra  UN 2012
10.  Konsultasi  melalui guru BK.
11.  Pertemuan rutin antara siswa dengan guru Pembiasaan
12.  Klinik Mata Pelajaran
13.  Sosialisasi UN 2012 oleh Kepala Sekolah kepada siswa kelas XII
14.  Koordinasi Kepala Sekolah dengan orang tua siswa kelas XII.
15.  Muhasabah

  1. Dasar Pelaksanaan
a.       Pancasila
b.      Undang-undang Dasar 1945
c.       Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

C.    Tujuan
Guna mencapai keberhasilan pelaksanaan  Ujian Nasional maka diperlukan  adanya program kerja, yang  bertujuan untuk:
1.      Meningkatkan pencapaian keberhasilan belajar peserta didik pada akhir pendidikannya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan baik secara nasional maupun sekolah sehingga siswa lulus 100 %.
2.      Pendalaman materi / pemantapan materi guna mensukseskan Ujian Nasional dengan pembahasan soal Ujian Nasional 5(lima) tahun terakhir.
3.      Pertanggungjawaban penyelenggaran pendidikan kepada pemerintah dan masyarakat.

BAB. II
KEGIATAN SUKSES UJIAN NASIONAL

Ujian Nasional  adalah suatu kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.  Hasil yang diharapkan dari Ujian Nasional tersebut seharusnya menjadi bahan masukan bagi guru, sekolah dan pemerintah untuk peningkatan kualitas pendidikan dimasa yang akan datang.
Untuk itu mesti dilakukan  kegiatan – kegiatan yang akan menjadikan Ujian Nasional tersebut sukses dan bermakna.  Adapun program kegiatan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut:
1.        Tes Diagnostik I 
Tes ini dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional.  Tes  telah  dilaksanakan  pada tanggal 31 Oktober 2011 sampai 4 November 2011 seiring dengan pelaksanaan Pra UN.  Dari hasil Tes Diagnostik I didapatkan nilai  Tes Diagnostik I sebagai tolak ukur guru yang bersangkutan, sehingga guru dapat menganalisis soal serta jawaban dan mengetahui kompetensi / kemampuan siswa. 
2.        Pemanggilan orang tua siswa untuk penyerahan  nilai siswa dari hasil Tes  Diagnostik I.
Hal ini dilakukan oleh setiap walikelas XII yang diberikan langsung kepada orang tua / wali murid siswa kelas XII. Guna menindaklanjuti hasil prestasi / kemampuan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Bersamaan dengan hasil ujian MID semester Ganjil. Sehingga orang tua siswa dapat mengetahui pencapaian kompetensi yang diperoleh oleh anaknya.
3.        Remedial dan Pengayaan Soal UN 3 (tiga) tahun terakhir.
Kegiatan tambahan belajar remedial sore dilaksanakan mulai dari semester I bulan  September 2011 – Maret 2012. Guru membahas soal UN 3 tahun terakhir. Dalam hal ini kepala sekolah ikut mensupervisi belajar sore. Masing – masing dengan rincian  pelaksanaan sebagai berikut:
NO
BULAN
JUMLAH PERTEMUAN
(MINGGU)
1
SEPTEMBER
2
2
OKTOBER
3
3
NOVEMBER
4
5
JANUARI
4
6
PEBRUARI
4
5
MARET
2

Mata pelajaran yang dilaksanakan pada tambahan belajar remedial sore adalah mata pelajaran yang di Ujian Nasional kan baik pada jurusan IPA maupun jurusan IPS.  Mata pelajaran tersebut adalah:
a)      Untuk jurusan IPA
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Kimia
Fisika
Biologi
b)      Untuk Jurusan IPS
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Matematika
Ekonomi
Sosiologi
Geografi
Jumlah siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang dengan rincian sebagai  berikut:
NO
KELAS / JURUSAN
JUMLAH SISWA
1.
XII. IPA
46 ORANG
2.
XII. IPS
 119 ORANG

Pelaksanaan tambahan belajar remedial sore ini dibimbing oleh guru mata pelajaran, dengan guru – gurunya sebagai berikut:
NO
MATA PELAJARAN
NAMA GURU
1.
BAHASA INDONESIA
Drs.  MAIZAR
Dra HANIFAH
2
BAHASA INGGRIS
MAIHANA, S.Pd
ADI MAKRANI, S.Pd
3.
MATEMATIKA
ZULASTRI, S.Pd
YULHAIDA, S.Pd
DESITA ASRA, S.Pd
4.
FISIKA
ADE IRMA WIRYANI, S.Pd
5.
KIMIA
Drs. SUDIARMAN
6.
BIOLOGI
Dra. NETRI
7.
EKONOMI
IRNAWATI,S.Pd
RESNAWATI, S.Pd
Drs.  IRMAN
8.

SOSIOLOGI
Dra. ERNINGSIH
Dra.  ZAHRIATI
9.
GEOGRAFI
RASTI MIRZA, S.Pd

4.      Bedah SKL UN 2012
Kegiatan ini dilaksanakan oleh guru yang bersangkutan sehingga siswa mendapatkan gambaran tentang kisi kisi soal UN 2012
5.      Tes Diagnostik II
Dilaksanakan pada akhir Januari 2012
Setelah dilaksanakan kegiatan belajar tambahan sore sejak semester ganjil, maka pada semester genap dilakukan Tes Diagnostik II. Guna mengetahui perkembangan prestasi / kemampuan siswa terhadap materi yang diujiankan.
6.      Pelaksanaan Try Out  UN 2012 (Pebruari 2012)
7.      Pelaksanaan Try Out  SNMPTN I (Pebruari 2012)
Dalam hal ini target SMA Negeri I Tilatang Kamang tidak hanya untuk sukses UN 2012 tetapi juga untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Untuk itu SMAN 1 Tilatang Kamang melaksanakan kerjasama dengan lembaga- Lembaga Pendidikan dan Perguruan Tinggi Negeri sebagai penyelenggara Try Out SNMPTN. Lembaga-lembaga pendidikan yang diajak bekerja sama adalah lembaga Primagama, GAMA dan lembaga Ganexa Operation. Sedangkan kerjasama dengan perguruan tinggi adalah kerjasama yang dilaksanakan oleh para alumni SMAN I Tilatang Kamang.
8.      Pelaksanaan Try Out  SNMPTN II (Pebruari 2012)
Hal ini guna menindaklanjuti persiapan siswa menghadapi SNMPTN dari hasil TO SNMPTN (I)
9.      Pelaksanaan Pra UN 2012  Kab (Pebruari)
Team guru mata pelajaran yang diujiannasionalkan  juga melaksanakan ‘Pra UN’ yang  mengacu pada Standar Kelulusan (SKL) UN 2011/2012.  Guru menganalisis soal yang telah dibuat berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang relevan dengan SKL tahun 2011/2012. 
10.  Konsultasi  melalui guru BK.
Program ini dilaksanakan oleh guru BK SMAN 1 Tilatang Kamang. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.  Seperti sama – sama kita ketahui bahwa  tidak jarang siswa yang sudah siap secara materi pelajaran  tetapi gagal saat menghadapi tes / ujian karena pengaruh psikologis. Siswa jadi tidak percaya diri, akibatnya tidak maksimal, mengerjakan soal saat ujian. Dalam hal ini guru BK sangat berperan penting guna sebagai tempat bertukar pikiran bagi siswa kelas XII. Terutama masih banyaknya siswa yang ragu untuk pemilihan jurusan di Perguruan Tinggi Negeri. Masih banyak siswa yang belum bisa membedakan antara minat dan bakat dalam pemilihan jurusan di PTN. Melalui guru BK siswa dapat mengetahui passing grade dari setiap jurusan yang ada di PTN terutama 5 (lima) Perguruan Tinggi besar di Indonesia.
11.  Pertemuan rutin antara siswa dengan guru Pembiasaan.
Dalam hal ini guru Pembiasaan berperan aktif memberi motivasi kepada siswa disamping itu juga untuk perbaikan akhlak siswa.
12.  Klinik Mata Pelajaran
Kegiatan ini dilaksanakan diluar kegiatan belajar sore / remedial dan pengayaan. Siswa diberi kesempatan untuk memilih guru guna konsultasi materi pelajaran.
13.  Sosialisasi UN 2012 oleh Kepala Sekolah kepada siswa kelas XII
Dalam hal ini Kepala Sekolah  ikut memberikan arahan teknis kepada siswa kelas XII Persiapan teknis adalah persiapan-persiapan yang berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam mengikuti tes, misalnya teknis mengerjakan soal, manajemen waktu, pinsil 2 B, penguasaan dan pemahaman tentang Lembar Jawaban Komputer (LJK).
Mensosialisasikan POS UN, SKL dan kriteria-kriteria kelulusan ujian nasional kepada para siswa dan orangtua siswa supaya mereka paham dan sebagai dasar untuk strategi sukses UN.
14.  Koordinasi Kepala Sekolah dengan orang tua siswa kelas XII
Kepala Sekolah SMAN 1 Tilatang Kamang menindaklanjuti perkembangan siswa melalui   pengiriman surat pemberitahuan kepada orangtua / wali murid siswa kelas XII. Karena sama – sama kita sadari kesuksesan belajar siswa juga didukung oleh perhatian orang tua di rumah.
 
15.  Muhasabah
Untuk menyentuh hati siswa kelas XII dan untuk kelancaran dalam melaksanakan UN 2012 diadakan Muhasabah  yang diikuti oleh siswa kelas XII dan orang tua siswa. Dengan harapan setelah pelaksanaan Muhasabah siswa kelas XII dapat menjembatani hati siswa dengan orangtua dan guru.



BAB III
PENUTUP

Demikianlah Program Sukses UN 2012 ini dibuat, sebagai langkah untuk mencapai Sukses UN 2012 dengan tujuan dapat melahirkan siswa lulus 100 %  sebagai wujud perbaikan kualitas siswa yang tamat dari SMAN 1 Tilatang Kamang dan sebagai wujud pertanggungjawaban mencerdaskan anak bangsa.  Mohon masukannya buat pembaca yang budiman.

 
Di tulis oleh:  Wakakur SMA N 1 Tilatang Kamang  (Widia Ningsih, S.Pd, M.Si)
E_mail: widian_77@yahoo.com

1 komentar:

  1. Waaah...bagus programnya, mudah-mudahan sukses, Amiiin !

    BalasHapus